Inovasi kategorikal


Inovasi kategorikal

Oleh Victor Christianto
www.digimba.com

Dalam iklim ekonomi yang kian kompetitif saat ini, seorang wirausahawan perlu terus menerus melakukan inovasi produk.
Tentunya ada banyak aspek yang bisa dikembangkan dari sebuah produk. Ambil misalnya, produk kue brownies. Inovasi bisa berupa kemasan yang lebih menarik, harga yang lebih terjangkau, atau cara mempromosikan yang lebih menjangkau segmen pasar.
Dalam ilmu pemasaran, hal ini kerap disebut 4P : price, place, packaging, promotion.
Inovasi yang bersifat kategorikal
Inovasi atau terobosan bisa berupa perubahan kecil misalnya sentuhan topping pada kue brownies, atau campuran unik pada resep martabak dst.
Namun jika Anda ingin melakukan terobosan yang bertahan lama dan sulit dikejar, cobalah memikirkan inovasi yang bersifat kategorikal.
Contoh yang terkenal adalah produk-produk yang mengubah cara orang mendengarkan musik, misalnya Walkman pada era 80-90an atau iPod pada era 2000an.
Namun inovasi juga bisa berupa kemudahan layanan atau kecepatan delivery. Misalnya Fedex dan DHL dikenal sebagai layanan antaran paket internasional secara kilat. PC Dell juga memungkinkan pengguna memilih sendiri komputer personal dengan spek khusus untuk dirakit secara cepat. Ini juga merupakan inovasi yang  bersifat kategorikal.
Dalam  konteks bisnis digital, inovasi kategorikal juga sangat memungkinkan untuk berjalan serentak dengan inovasi model bisnis dan juga inovasi platform.
Hal-hal ini tentunya perlu dipikirkan secara cermat dan matang, dengan melihat proses bisnis secara keseluruhan.
Bagaimana pendapat Anda?

Versi 1.0: 7 November 2019, pk. 20:51
VC

Bacaan:
(1) Alexander Ostenwalder. Business model generation. Gramedia Pustaka Utama.

Comments

Popular posts from this blog

Berkah di balik masalah: kisah Post-It Notes

Inovasi model bisnis