Inovasi model bisnis

Inovasi model bisnis

Oleh Victor Christianto
www.digimba.com

Salah satu bentuk inovasi yang lagi "in" saat ini adalah tidak hanya inovasi dalam bentuk produk. Namun inovasi model bisnis.
Apakah yang dimaksud dengan inovasi model bisnis?
Maksudnya adalah upaya yang dirancang untuk memodifikasi atau bahkan merombak model bisnis konvensional.

Langkah awal
Menurut buku "Inovasi model bisnis" karya Alexander Ostenwalder, salah satu langkah awal yang perlu ditempuh adalah mengidentifikasi Pain (penderitaan) apa yang dialami oleh pengguna maupun pelaku usaha.
Cara mengidentifikasi pain itu bisa melalui berbagai metode, misalnya wawancara atau menyebar kuesioner dst.
Selanjutnya baru melihat desain model bisnis secara keseluruhan untuk mengkaji apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan atau setidaknya mengurangi penderitaan tersebut.
Termasuk di antaranya adalah mempertimbangkan intervensi teknologi yang tepat dalam rangka mengurangi pain tersebut.

Ambil misal:

a. Model bisnis taksi. Sebelum munculnya berbagai jenis layanan carsharing seperti GO-JEK dan Grab, proses memesan taksi biasanya perlu waktu menunggu yang cukup lama (Pain 1), dan juga tarif per kilometer yang relatif mahal (pain 2). Layanan taksi berbasis app terbukti memberikan terobosan yang mengurangi kedua penderitaan tersebut.

b. Model bisnis koran: mengantisipasi perkembangan berita digital yang kian pesat, maka penerbit koran konvensional mungkin akan melihat perlunya merancang ulang model bisnis layanan berita cetak. Bukan saja mencetak koran dalam format yang lebih ringkas dan jumlah halaman lebih tipis, namun juga mungkin mengarah ke layanan berita digital berbasis app dan subscribing (atau disebut "subscriber commerce").

Penutup
Demikian gambaran sekilas inovasi model bisnis yang kini sedang menjadi kecenderungan. Kiranya artikel ini dapat berguna bagi pembaca sekalian.

Bagaimana pendapat Anda?

Versi 1.0: 7 November 2019, pk. 20:35

Bacaan:
(1) Alexander Ostenwalder. Business model generation. Gramedia Pustaka Utama.

Comments

Popular posts from this blog

Berkah di balik masalah: kisah Post-It Notes

Inovasi kategorikal