Mitos kreativitas


Mitos kreativitas

Salam sejahtera saudaraku,

Burkus, seorang profesor ilmu manajemen, menggali kreativitas kembali ke mitos-mitos Yunani kuno. Beliau berargumen bahwa dalam mitologi Yunani, yang disebut kreativitas hanya dimiliki oleh segelintir orang yang dianugerahi para dewa percikan "api ilahi" tersebut, sehingga mereka kadang-kadang mengalami momen Eureka.

Menurut Burkus, tidak ada yang namanya percikan kreatif atau momen eureka; kreativitas sejati adalah proses berulang, sering kali terdiri dari perubahan yang lambat dan bertahap dan perkembangan untuk ide yang ada. Individu kreatif jarang berkembang dalam isolasi; pada kenyataannya, kelompok lebih baik dalam hal inovasi daripada individu. Ide-ide besar tidak selalu diakui pada awalnya; banyak yang butuh bertahun-tahun untuk dihargai, dan yang lain menghilang begitu saja.

Burkus juga menolak upaya perusahaan untuk mendorong kreativitas, dengan alasan bahwa ada sedikit bukti upaya tersebut menghasilkan lebih banyak inovasi. Orang-orang kreatif dimotivasi oleh pekerjaan itu sendiri, yang menurut mereka memuaskan secara pribadi; motivator ekstrinsik memainkan peran yang relatif kecil dalam hidup mereka. Jawabannya, ia menyarankan, adalah sekadar memberi orang pekerjaan yang ingin mereka lakukan, yang menurut mereka memuaskan.

Dia juga berpendapat bahwa tempat kerja yang bahagia dan semangat tim yang baik, yang umumnya diyakini bermanfaat bagi pemikiran kreatif, sebenarnya bisa bertindak sebagai penghambat. “Fokus berlebihan pada kohesi. . . sebenarnya dapat mengurangi kreativitas tim, ”tulisnya. "Ini dapat mempersempit pilihan dan menyebabkan mereka yang memiliki perspektif unik menyensor diri sendiri daripada mengambil risiko tidak dianggap sebagai bagian dari tim."

Komentar
Bahwa percikan kreatif atau momen Eureka itu memang langka, itu benar. Namun juga tidak selalu benar bahwa bekerja dalam kelompok menghasilkan lebih banyak ide.
Meski analisis Burkus cukup menarik, tampaknya beliau terlampau terpengaruh pada perspektif manajemen tentang kreativitas.
Perlu lebih banyak referensi tentang metode pembangkitan ide dan juga literatur para ahli kreativitas seperti De Bono.

Bagaimana pendapat Anda?

(Disadur dari David Burkus, The Myths of Creativity: The Truth About How Innovative Companies and People Generate Great Ideas, Jossey-Bass,)

Versi 1.0: 10 februari 2020, pk. 7:28
VC

Bacaan:
(1) review by Morgen Witzel. Url: https://petersposting.blogspot.com/2013/10/the-myths-of-creativity-by-david-burkus.html?m=1
(2) Edward de Bono. How to be more interesting. Url: https://www.debono.com/Books/How-To-Be-More-Interesting
(3) Ken Hudson. Idea generator: tools for business growth. Url: https://www.amazon.com/Idea-Generator-Tools-business-growth-ebook/dp/B003KK5RFK

Comments

Popular posts from this blog

Waste to energy: dari Pegadaian ke PLTSa

PostScript: tanggapan seorang Ibu

Berkah di balik masalah: kisah Post-It Notes